Cara Lelaki Menyatakan Cinta

Tidak semua orang bisa mengekspresikan perasaan melalui kata-kata. Ada banyak alasan yang bisa digunakan untuk memahami pernyataan ini. Di antaranya adalah terkait karakter personal, ada orang yang pandai merangkai kata-kata, namun ada orang yang minim kosa kata. Alasan lainnya adalah, kata-kata tidak selalu mampu mewakili perasaan jiwa. Sangat banyak keterbatasan kata-kata untuk menyatakan perasaan dalam jiwa manusia.

Bagi kebanyakan lelaki, cinta dan kasih sayang tidak harus diucapkan secara verbal. Selain karena kebanyakan laki-laki memang tidak suka ungkapan verbal, mereka merasa sudah cukup menunjukkan cintanya lewat sikap dan perbuatan nyata. Dengan akal dan logikanya, lelaki membandingkan “apa gunanya banyak mengobral rayuan mesra tapi tidak mau bekerja memenuhi kebutuhan hidup keluarga”.

Untuk itu, para istri jangan cepat menilai suaminya tidak cinta kepadanya, atau tidak memiliki romantisme, hanya karena suami tidak pernah mengucapkan kalimat “I love you” atau yang semacam itu. Seringkali suami merasa dipaksa untuk menjadi pujangga, padahal ia ingin mencintai istri dengan caranya sendiri. Bukan dengan cara orang-orang lainnya.

Pahamilah bahwa perasaan cinta bisa diekspresikan melalui banyak cara, tidak harus dengan kata-kata. Berikut beberapa cara lelaki dalam mengungkapkan cinta mereka kepada istri, tanpa harus mengucapkan kalimat “I love you”.

1. Aktivitas fisik yang berkesan

Aktivitas fisik yang berkesan merupakan salah satu bukti rasa cinta. Jika suami senang memijit istri dengan lembut, atau menggandeng tangan istri, memeluk atau mencium dalam durasi waktu yang lama, pertanda ia sangat mencintai istrinya. Apalagi ketika suami selalu ingin dekat secara fisik, bahkan ketika dalam bepergian.

Ada seorang suami yang sangat senang pergi dengan sang istri mengendarai sepeda motor, padahal ia memiliki mobil yang sangat bagus. Perjalanan cukup jauh ditempuh dengan sepeda motor, karena dengan cara itu ia selalu merasakan kehangatan tubuh istrinya. Jika mengendarai mobil, ia harus duduk terpisah dari sang istri. Dengan motor, ia bisa melekat dengan tubuh istri. Luar biasa.

2. Banyak tersenyum ceria

Senyum merupakan visualisasi perasaan dalam hati. Sangat sulit bisa tersenyum ceria apabila hati tidak bahagia. Dengan kondisi jiwa yang sengsara, yang akan dihasilkan adalah wajah bermuram durja. Jika dipaksa tersenyum, tidak akan bisa menghadirkan senyum ceria.

Jika suami mudah memberikan senyuman ceria untuk istri, menunjukkan perasaan cinta kepadanya. Tanpa banyak berkata-kata, suami suka memberikan senyum termanis untuk istrinya. Inilah tanda cinta yang tidak perlu dijelaskan dengan kata-kata. Sebaliknya, jika suami selalu berwajah galak dan tegang, menandakan suasana jiwa yang tidak ceria. Mungkin sedang ada masalah besar yang tengah mengganggu jiwanya.

3. Bersedia menjadi pendengar yang baik

Semua istri perlu curhat. Bagi kaum perempuan, menceritakan masalah kepada orang lain merupakan bagian dari cara untuk menyelesaikan masalah itu. Hanya dengan bercerita saja, perasaannya menjadi lega. Maka banyak istri mencari tempat curhat, jika di rumah suami tidak mau mendengarkannya.

Jika suami bersedia menjadi pendengar yang baik atas curhat istri, pertanda ia sangat mencintainya. Suami yang selalu menyediakan waktu dan kesempatan untuk mendengar obrolan istri, mendengar keluh kesah dan curhat istri, adalah suami yang penuh dengan cinta.

4. Sering mengontak

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting perannya dalam membangun keharmonisan keluarga. Dengan berbagai teknologi, komunikasi bisa terjadi setiap saat tanpa ada batas lagi. Ketika suami dan istri tidak pernah terhubung satu dengan yang lain, akan menyebabkan suasana kering dan jauh.

Jika suami sering mengontak istri melalui telepon atau mengirim pesan SMS, WhatsApp, Line, Fesbuk dan lain sebagainya tanpa harus ada keperluan khusus, pertanda bahwa ia selalu memikirkan dan menyayangi istrinya. Sekedar menyapa, “Mama sedang ngapain sekarang?” Atau pertanyaan, “Mama masak apa di rumah?” sudah menunjukkan perhatian tersebut.

5. Sering minta pendapat istri

Ada suami yang berlaku otoriter dalam memimpin rumah tangga. Semua diputuskan sendiri tanpa pernah meminta pendapat dan masukan istri. Ia ingin istri menuruti semua yang sudah diputuskannya sendiri. Situasi seperti ini tentu tidak menyenangkan bagi istri.

Jika suami sering minta pendapat dan masukan dari istri untuk berbagai kegiatannya, pertanda ia sangat percaya dan mencintai istrinya. Ia tidak ingin berlaku otoriter. Ia menghargai pendapat dan masukan istri, maka ia merasa memerlukan pendapat sang istri sebelum memutuskan berbagai hal penting dalam rumah tangga.

6. Tidak bisa terpisah lama

Jika suami sering meluangkan waktu untuk bisa melakukan aktivitas bersama istri, seperti menemani belanja ke pasar atau menjemput istri pulang usai mengikuti pengajian, menandakan ia sangat mencintai istrinya. Ia tidak bisa terpisah lama dari sang istri. Inginnya selalu berada di dekat kekasih hati.

Maka berhati-hatilah jika suami sudah tidak betah berada di dekat istri. Ia merasa lebih nyaman kalau berjauhan dan tidak tahan jika harus berada di samping sang istri. Rasa cintanya mulai tergerus dan lama kelamaan bisa habis tanpa sisa jika tidak segera dicari solusinya.

7. Suka bercanda

Canda adalah salah satu bumbu romantisme keluarga. Keluarga yang tidak pernah bercanda, suasananya pasti kaku dan tegang tanpa ada tawa bahagia. Jika suami suka mengajak istri bercanda dan mampu membuat istri tertawa, dan suami juga bisa tertawa saat istri bercanda, menandakan ia mencintai istrinya.

Jika suami bercanda namun istri tidak bisa lagi tertawa, dan istri bercanda namun suami tidak lagi bisa tertawa, menandakan suasana jiwa mereka sedang berjauhan. Tiodak ada kelucuan bersama, tidak ada tawa yang bisa dihasilkan dari canda di antara mereka, iniadalah kekeringan hubungan yang harus segera dicarikan obatnya.

8. Suka menolong istri

Ada suami yang tidak mau peduli dan tidak mau mengerti kerepotan istri. Ia merasa sudah melaksanakan kewajiban sebagai suami dengan mencari nafkah. Sementara urusan teknis kerumahtanggaan ia serahkan sepenuhnya kepada istri, tanpa mau memahami betapa sangat banyak kerepoten sang istri setiap hari.

Jika suami suka menolong kerepotan istri tanpa harus diminta, menandakan ia sangat mencintai istri. Betapa bahagia hati istri jika suami mudah menolong berbagai macam urusannya tanpa diminta. Kebiasaan suka menolong ini sudah menjadi tanda cinta tanpa harus diucapkannya.

9. Suka memberi hadiah

Hadiah menandakan adanya perhatian dan ungkapan perasaan. Bukan terkait dengan nilai dan besaran hadiah tersebut, namun lebih kepada curahan perhatian yang akan mudah dirasakan oleh sang istri.

Maka jika suami suka memberi hadiah kepada istri, apalagi ketika hadiah tersebut tepat sesuai keinginan istri, pertanda ia mencintai istrinya. Dengan hadiah yang sederhana, tidak harus mahal, sudah sangat membahagiakan hati istri, karena menandakan ada perhatian dari suami. Lewat hadiah itulah suami menyatakan cintanya.

10. Mudah mengalah

Ada suami yang tidak pernah mau mengalah, walau dirinya yang salah. Ia selalu ingin menang dan tidak bisa mengalah dalam setriap pertengkaran. Maka jika suami mudah mengalah saat menghadapi konflik dengan istri, pertanda ia mencintai istri. Ia tidak mau terlibat konflik dengan istri, ia tidak mau berlama-lama mengalami pertengkaran dengan istri. Ia ingin suasana keluarga yang damai tanpa banyak keributan.

Suami yang mudah mengalah, cepat meminta maaf, cepat memaafkan kesalahan istri, adalah suami yang mencintai sang istri. Walau ia tidak mengungkapkan dengan kata-kata, namun sikapnya yang mudah mengalah sudah menandakan adanya cinta. (pakcah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Online! Klik untuk konsultasi