Menjadi Suami Idaman Dengan Membantu Pekerjaan Istri

Apakah Anda Senang Membantu Istri? Great!

Istri: “Bang, tolong bantuin aku dong…. Gimana sih cara memindahkan tulisan  dengan format MS-Word dari komputer ini ke dinding fesbuk-ku? Ajarin dong…”

Suami: “Kan dulu pernah aku ajarin caranya Dek. Masa’ lupa melulu sih?”

Istri: “Yah Abang, kan emang aku gaptek. Jadi cepat lupa urusan seperti ini. Ajarin lagi dong Bang… Penting nih….”

Suami: “Makanya kalau diajarin itu diperhatiin, biar bisa ngerjakan sendiri….”

Istri: “Iya deh Bang, maaf ya… Ntar aku akan mengingat deh. Tapi tolong ya Bang, sekaliiiii lagi saja, aku diajari lagi ya Bang. Please…”

Suami: “Yang dulu itu juga kamu bilangnya sekali itu lagi aja diajarinnya. Ternyata ini minta diajarin lagi. Kamu gak pernah perhatiin sih…”

Hmmmmmmh…. Anda pernah mengalami kejadian semacam ini? Memang sulitnya apa sih mengajari sekali lagi untuk urusan sesederhana itu? Bahkan seandainya harus mengajari sepuluh atau duapuluh kali lagi? Apa beratnya bagi suami melakukan hal itu demi membantu istri tercinta?

Pada mereka yang tengah pacaran dan dimabuk asmara, jangankan cuma mengajari sepuluh kali, diminta sang pacar mengajari hal sama seratus kali sehari pun pasti akan dilakukan dengan suka cita. Kalau perlu minta lebih sering lagi mengajarinya, karena akan sering bertemu dan berinteraksi dengan kekasih hati. Setelah menikah dan hidup berumah tangga, sering urusan memberikan bantuan itu dianggap sebagai sesuatu beban, bahkan kadang dianggap sebagai sikap manja yang berlebihan dari pasangan.

Menjadi Suami yang Senang Membantu Istri

Pada tiga postingan sebelumnya, telah saya sampaikan tugas suami terhadap istri, agar hubungan di antara mereka menjadi harmonis, nyaman dan bahagia. Tugaspertama adalah menjadi suami yang penuh pengertian kepada istri, tugas kedua adalah menjadi suami yang penuh perhatian kepada istri, dan tugas ketiga adalah menjadi suami yang penuh cinta kepada istrinya. Sekarang saya sampaikan tugas keempat dari Sepuluh Tugas Suami, yaitu menjadi suami yang senang membantu istri.

Dalam kehidupan keluarga, suami dan istri semestinya telah memiliki pembagian peran yang berkeadilan di antara mereka berdua. Apa yang menjadi tanggung jawab suami dan apa yang menjadi tanggung jawab istri untuk diselesaikan oleh masing-masing, dan apa yang menjadi tanggung jawab bersama. Kendatipun sudah ada pembagian tanggung jawab tersebut, akan sangat indah jika keduanya senang membantu pasangan dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.

Jika suami senang membantu istri, bisa dipastikan istri akan merasa bahagia. Bukan saja merasa terbantu karena suami ikut terlibat dalam menunaikan kegiatan yang menjadi tanggung jawab istri, namun juga membuat istri merasa tersanjung dan merasa dicintai suami. Senang membantu ini sesungguhnya sudah menjadi watak orang yang mencintai, bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Gambaran paling mudah adalah pada pasangan yang tengah jatuh cinta dan dimabuk asmara.

Sepasang kekasih yang tengah jatuh cinta, akan berlomba memberikan bantuan apapun yang diminta oleh kekasihnya. Bahkan tidak perlu sampai diminta, seseorang akan menawarkan bantuan kepada kekasih yang dicintainya. Rela mengantar kemanapun ia mau pergi, rela menunggui si dia berlama-lama, rela mengerjakan apa yang ia minta. Saat mengerjakan bantuan untuk kekasih, rasanya sangat bahagia karena bisa membantu si dia yang sangat dicintainya. Tidak ada rasa mengeluh, tidak ada rasa menyesal, tidak ada rasa lelah dalam membantu kekasih hatinya.

Semestinya suasana seperti ini selalu dijaga setelah hidup berumah tangga. Meminta bantuan kepada pasangan adalah hal yang wajar saja, karena semua dari kita memiliki keterbatasan dan kekurangan. Maka sisi ini yang digenapkan oleh pasangan, dengan meminta bantuan. Di sini tugas para suami menjadi sangat berarti. Apabila para suami senang membantu istri, akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan dan membahagiakan para istri. Namun jika untuk meminta bantua suami saja istri merasa takut, tentu ini menandakan ada sesuatu hal yang tidak pada tempatnya.

Membantu Aktivitas Rutin Istri

Di antara hal yang bisa dilakukan suami dalam kehidupan sehari-hari adalah membantu aktivitas rutin istri. Pada umumnya, para istri akan bangun pagi untuk membersihkan rumah dan menyiapkan sarapan, atau mengurus si kecil jika tengah memiliki bayi. Aktivitas rutin seperti ini memakan waktu dan juga menguras tenaga. Kemampuan multitasking perempuan membantu para istri untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan di pagi hari.

Kendati istri tidak pernah mengeluh soal aktivitas rutin di rumah, akan sangat membahagiakan istri apabila suami dengan ringan hati memberikan bantuan untuk mengurangi kesibukan istri. Ada bagian kegiatan kerumahtanggaan yang bisa dikerjakan suami sehingga istri merasa lebih ringan menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Dari berbagai kegiatan istri di dalam rumah, ambil beberapa bagian yang bisa dikerjakan oleh suami. Dengan cara ini, semua kegiatan praktis kerumahtanggaan bisa tertunaikan. Apalagi jika dalam keluarga tidak memiliki tenaga pembantu.

Membantu di Saat Istri Sangat Memerlukan Bantuan

Ada kalanya istri berada dalam situasi yang sangat memerlukan bantuan suami. Tidak selalu dalam urusan yang sifatnya sangat besar, bahkan terkadang untuk sebuah urusan yang tampak sangat sepele dan sederhana di mata suami. Seperti contoh dialog di atas, hanya urusan memindah tulisan dari komputer untuk dipasang di dinding fesbuk, namun karena istri benar-benar tidak bisa melakukannya, ia harus meminta tolong kepada suami untuk mengajarinya. Semestinya suami tidak perlu mengomeli dan memarahi istri hanya karena ia tidak mengerti cara melakukan tindakan seperti itu.

Jangan berat memberikan bantuan yang sangat diperlukan istri, walaupun untuk hal-hal yang tampak sepele seperti itu.

Istri: “Bang, tolong bantuin aku dong…. Gimana sih cara memindahkan tulisan  dengan format MS-Word dari komputer ini ke dinding fesbuk-ku? Ajarin dong…”

Suami: “Oh, itu mudah sekali Dek. Cukup lakukan copy paste, sudah selesai….”

Istri: “Iya Bang, tapi gimana caranya melakukan copy paste?”

Suami : “Pertama, tulisan yang akan dipindah itu di blok dulu Dek. Lalu pilih opsi copy, kemudian di-paste di dinding fesbuk. Gampang kan?”

Istri: “Emmm, gimana cara melakukan nge-blok tulisan ya Bang?”

Suami: “Bisa dengan pencet control A bersamaan Dek.”

Istri: “Oh iya Bang…”

Yakinlah, para istri akan sangat bahagia apabila melihat para suami senang dan ringan membantu mereka, apalagi pada saat istri memang tengah berada dalam kondisi sangat memerlukan bantuan.

Membantu Tanpa Diminta

Akan lebih menyenangkan lagi bagi para istri, apabila suami bersedia memberikan bantuan praktis tanpa harus diminta. Ketika melihat istri sedang memasak di dapur, kemudian anak yang masih balita mendadak menangis, maka suami hendaknya segera berinisiatif untuk mengurus si kecil agar bisa menenangkan tangisnya, atau suami memilih menyelesaikan proses memasak agar istri bisa mengurus anak. Bantuan suami tanpa diminta oleh istri seperti ini akan sangat menyenangkan bagi istri, karena merasa mendapat perhatian dan bantuan yang sangat meringankan bebannya.

Ketika melihat istri tengah sibuk dengan berbagai pekerjaan kerumahtanggaan, sangat bijak apabila para suami langsung membantu mengambil salah satu pekerjaan yang bisa dilakukannya pada waktu itu.

Suami: “Sini aku saja yang menyelesaikan menggoreng telor Dek, kamu urus si kecil biar gak nangis….”

Istri: “Oke Bang, waw senang sekali digorengin telor….”

Menawarkan dan memberikan bantuan tanpa diminta istri, menandakan suami sangat peduli dan perhatian terhadap kondisi istri. Dengan cara seperti ini istri akan merasakan perhatian dan pengertian suami yang sangat diperlukannya. Istri akan merasa dicintai dan diperlukan oleh suami, sehingga ia merasa bahagia dan nyaman hidup bersama suami tercinta.

Suami: “Dek, jadinya sudah bisa melakukan copy paste?”

Istri: “Ehmm, tadi Abang bilang untuk mem-blok tulisan dengan memencet control A bersamaan kan?”

Suami : “Iya Dek…. Ada masalah?”

Istri: “Eeemmm…. Iya Bang. Malu mau ngomongnya….”

Suami: “Gak usah malu Dek…. Sini aku bantu….”

Istri: “Yang Adek ga tau, control A itu yang mana ya Bang?”

Suami : “Aaaaaarrrrrrrrgghhhh….”

sumber: Pak Cah

One thought on “Menjadi Suami Idaman Dengan Membantu Pekerjaan Istri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Online! Klik untuk konsultasi