[Penelitian] Ayah Dekat Dengan Anak, Menjadikan Anak Lebih Cerdas

Di dalam al-qur’an tedapat 17¬†ayat yang merekam percakapan antara anak dengan orang tuanya. Dari 17 ayat tersebut 14 ayat percakapan antara ayah dan anak, 2 ayat percakapan antara ibu dan anak, dan 1 ayat percakapan antara orang tua tanpa nama dengan anaknya.

Al-qur’an sebagai petunjuk bagi umat muslim mengajarkan bagaimana seharusnya pendidikan anak dilakukan oleh orang tua terutama ayah, ayah ternyata memiliki porsi besar untuk mendidik dan membentuk karakter anak sehingga memiliki karakter tangguh.

Bersesuaian dengan penelitian modern yang menunjukan bahwa jika anak dekat dengan ayah, maka akan menjadikan anak menjadi cerdas, mudah bergaul, dan memiliki masa depan yang cemerlang.

Jadi bukan alasan lagi ayah untuk berdiam diri, hanya menjadi penonton dalam pengasuhan anak dan menyerahkan pendidikan anak kepada istri. Jika ayah ingin masa depan anak cemerlang maka yang harus dilakukan adalah ayah menjadi pengasuh utama bagi anak.

Mengasuh anak yang berperilaku baik dan berprestasi, bukan hanya membutuhkan peran dan waktu yang diberikan oleh ibu, pengaruh dari figur seorang ayah dalam membimbing anak juga merupakan kunci utama dalam fase tumbuh kembang anak. Sebuah studi bahkan menyatakan bahwa kedekatan ayah pada anaknya dapat mendongkrak kecerdasan dan kesuksesan si kecil di masa depan.

Selama empat dekade penelitian dan ratusan penelitian telah membuktikan, ayah yang ikut membantu ibu mengasuh, menjaga, dan membesarkan anak memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi sekolah anak. Selain itu, kehadiran ayah juga menentukan perkembangan pribadi serta karakter anak dalam lingkungan sosial.

Sebuah tinjauan studi yang dilakukan oleh Father Involvement Research Alliace menunjukkan bahwa bayi yang dekat dengan ayah cenderung memiliki emosi yang stabil, saat dewasa lebih percaya diri, dan bersemangat dalam mengeksplorasi potensi diri untuk merealisasikan ide serta impian. Kemudian, dalam lingkungan pergaulan, anak yang dekat dengan ayah cenderung lebih mudah bersosialisasi dan memiliki banyak teman karena dianggap menyenangkan.

Lalu, fakta lain yang perlu dipertimbangkan oleh para ayah agar lebih dekat dengan sang buah hati adalah anak berusia tiga tahun yang memiliki hubungan baik serta hangat dengan ayah memiliki kemampuan memecahkan masalah dan IQ lebih tinggi dari teman yang seusia. – Tribun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Online! Klik untuk konsultasi